Kamis, 29 Oktober 2009

MEMASTIKAN ASI (Air Susu Induk ) CUKUP

Bagaimana memastikan bahwa ASI (Air Susu Induk) mencukupi kebutuhan minum anak – anaknya?
Pertanyaan ini penting di bahas karena terkait dengan masa depan dan kesehatan anak – anak kelinci. Memang tidak mudah memastikan ASI benar – benar mencukupi, karena harus di pastikan menurut riset. Hal terpenting bagi pemelihara kelinci adalah memasok gizi yang baik bagi sang induk pada masa kehamilan.
Induk yang kekurangan pasokan ASI biasanya dimulai pada usia menyusui di atas 17 hari. Tanda – tandanya, biasanya anak – anak kelinci sering berlarian keluar kotak mengejar induk setelah mereka disusui. Namun ini hanyalah indikasi. Anak – anak keluar dari kotak bisa juga kotak terlalu kecil atau situasi panas dan tidak nyaman, sehingga berlarian keluar.
Cara lain ialah dengan cara membandingkan tubuh anak – anak kelinci dengan anak kelinci yang lahir sebelumnya. Apakah pada umur yang sama semisal 15 hari, kondisi anak – anaknya sama besar dan sama gemuk dibanding dengan bulan sebelumnya? Jika lebih kurus dan angka kematian setelah 7 hari terus bertambah tanpa sebab lain, barangkali ASI induk memang minim.

Sumber : KELINCI pemeliharaan secara ilmiah, tepat dan terpadu “ Faiz Manshur”

0 komentar: